Cara Mengatasi Stres Saat Hamil

Indozones - Selama periode kehamilan, utamanya saat kehamilan pertama, banyak ibu yang akan mengalami perubahan secara fisik. Hal ini juga akan disertai dengan perubahan dalam bentuk emosional dan psikologis.
Dalam hal emosi, ibu hamil tergolong sangat labil. Mereka memiliki reaksi yang cenderung berubah-ubah dan berlebihan. Oleh karena itu, banyak ibu hamil yang mengalami tekanan hingga stres akibat tidak bisa mengontrol emosinya. Pada saat ini, sang ibu sangat membutuhkan sebuah saran, bantuan, pengarahan, dan dorongan dari orang-orang sekitarnya.

CARA MENGATASI STRES SAAT HAMIL

Mengatasi stress saat hamil

Dalam perjalanannya, ibu hamil yang terus berada dalam kondisi stres akan membuatnya memproduksi hormon kortisol secara berlebihan. Adapun produksi dari hormon ini bisa ditransfer ke janin yang tentu saja berdampak buruk. Selain itu, produksi hormon yang berlebihan akan membuat aliran darah ke rahim menjadi terhambat, sehingga perkembangan bayi kurang begitu maksimal. Wanita hamil yang menderita stres kronis beresiko besar mengalami beberapa masalah, seperti:

  • Kelahiran dini, bayi yang lahir dengan berat rendah, serta keguguran.
  • Sang anak bisa saja lahir dengan membawa beberapa masalah mental, seperti autisme atau ADHD.
  • Janin yang dikandung sangat rentan terhadap infeksi sehingga bisa mempengaruhi sistem imun yang kemudian membuatnya rentan sakit saat besar nanti.
  • Bayi juga beresiko mengidap alergi dan asma.

Nah, dengan melihat betapa bahayanya dampak stres selama kehamilan, maka perlu dilakukan beberapa langkah pencegahan. Pastikan pula agar anggota keluarga Anda bisa memberikan dukungan yang lebih lewat sejumlah cara, seperti:

- Komunikasi

Rasa cemas selama kehamilan bisa dikurangi lewat komunikasi. Berbagi rasa takut dengan ibu hamil lainnya sangat membantu untuk memahami bahwa Anda tidak sendirian. Sampaikanlah rasa takut dan cemas Anda pada suami, orang tua, teman dekat, ataupun kelompok-kelompok yang mendukung kehamilan.

- Minta Bantuan

Banyak sekali wanita hamil yang selalu merasa bisa untuk melewati periode kehamilannya secara mandiri. Tapi tidak perlu takut, apalagi sampai malu untuk meminta bantuan orang lain. Anda bisa meminta pasangan, saudara, teman, atau siapapun itu untuk mendelegasikan tugas-tugas yang dianggap memberatkan. Jika perlu, tidak ada salahnya untuk mempekerjakan pembantu rumah tangga.

- Perluas Wawasan

Cara mengatasi stres saat hamil selanjutnya adalah dengan memperbanyak referensi Anda mengenai kehamilan itu sendiri. Wanita yang memiliki banyak pengetahuan mengenai kehamilan cenderung tidak terlalu takut dan tertekan dalam menghadapi kondisi ini. Perbanyaklah membaca buku mengenai kehamilan. Ajukan pertanyaan pada dokter kandungan agar Anda memiliki banyak pengetahuan mengenai apa yang diharapkan. Selain itu, persiapkan pula anggaran khusus untuk membeli perlengkapan bayi dan buatlah rencana-rencana lain agar rasa stres selama kehamilan ini bisa dikurangi.

- Pola Makan

Saat tubuh Anda tetap sehat, maka masalah stres bisa dikontrol dengan lebih mudah. Sebaiknya konsumsi makanan yang bisa menutrisi tubuh Anda dan juga bayi yang sedang dikandung. Perbanyaklah minum air putih dan melakukan latihan-latihan ringan agar tubuh Anda bisa tetap energik dan fit dalam menghadapi kehamilan.
Pola makan yang sehat selama kehamilan bisa Anda mulai dengan memperbanyak omega 3, vitamin, dan mineral. Makanan seperti ini juga bisa membantu untuk memperbaiki suasana hati. Asam amino esensial triptofan dianggap bisa meningkatkan kadar serotonin dan melatonin di otak. Serotonin dan melatonin ini akan membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak serta memiliki perasaan yang lebih baik.

- Bersantai

Nikmatilah masa-masa kehamilan Anda dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan. Anda bisa menikmati mandi air hangat, membaca buku, pijat hamil, menonton film yang lucu, atau memanjakan diri di salon. Lakukanlah hal-hal yang bisa mengalihkan pikiran Anda dari rasa cemas akan kehamilan atau persalinan yang segera tiba.

- Lakukan Relaksasi

Relaksasi bisa membantu Anda untuk menurunkan tingkat stres. Yoga atau spa merupakan pilihan tepat untuk mengatasi stres selama kehamilan. Namun khusus untuk yoga, sebaiknya jangan lakukan sendiri karena bisa saja Anda melakukan gerakan yang membahayakan kondisi janin. Sebaiknya lakukanlah dengan dampingan instruktur.
***

Selain itu, cobalah untuk terus membayangkan seperti apa kehadiran bayi Anda nantinya. Bayangkan betapa lucu dan menggemaskannya buah hati Anda saat lahir nanti. Hal-hal seperti ini bisa membantu Anda untuk lebih positif dalam menghadapi kehamilan.

Semoga cara mengatasi stres saat hamil di atas bisa membantu Anda untuk lebih menikmati masa-masa kehamilan. Berbahagialah.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Post Comment
Rekomendasi close button
Back to top

0 komentar

Inspiration news is deliberately presented to all people, the news on this website is the article excerpt from the outside website, you can also quote this article by mentioning the source website.

Bagaimana Pendapat Anda?
 
Copyright © 2013 - 2015. Indozones - All Rights Reserved