Planet Kerdil yang Terletak di Mars dan Jupiter Berhasil Diabadikan

Planet Kerdil yang Terletak di Mars dan Jupiter Berhasil Diabadikan
Indozones - Sebuah penemuan yang cukup megagumkan oleh Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) merilis citra planet kerdil Ceres dengan fitur kawah di permukaannya pada awal tahun 2015.

Citra obyek yang terletak di antara Mars dan Jupiter itu diambil oleh wahana Dawn pada jarak sekitar 450.000 kilometer dari permukannya pada 13 Januari 2015 lalu, demikian dikutip lewat laman space.com.

Memiliki diameter 949 kilometer, maka Ceres kurang lebih setara dengan panjang Pulau Jawa dari ujung barat ke timur.

"Kita tahu banyak tentang Tata Surya tetapi sangat sedikit tentang planet kerdil Ceres. Sekarang dawn akan mengubahnya," kata Marc Rayman, pimpinan misi Dawn.

Diberitakan CNN, Selasa (20/1/2015), teleskop Hubble milik NASA juga pernah memotret Ceres tahun 2003 dan 2004. Hasil foto Dawn memang hanya 80 persen resolusi foto Hubble. Namun, seiring Dawn mendekati Ceres, diharapkan citra yang lebih detail bisa didapatkan.

Dawn yang diluncurkan pada tahun 2007 akan memasuki orbit Ceres pada Maret 2015. Dawn ini akan menjadi wahana pertama yang mendarat di planet kerdil.

Misi Dawn mendarat di planet kerdil akan diikuti oleh New Horizon yang diperkirakan bakal sampai di planet kerdil Pluto pada Juli nanti.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Post Comment
Rekomendasi close button
Back to top

1 komentar:

avatar

Mantep tuh.., planetya.. haha., Ditunggu kunbalnya sob..

Inspiration news is deliberately presented to all people, the news on this website is the article excerpt from the outside website, you can also quote this article by mentioning the source website.

Bagaimana Pendapat Anda?
 
Copyright © 2013 - 2015. Indozones - All Rights Reserved