Kegagalan Adalah Awal dari Langkah Kesuksesan

Kegagalan Adalah Awal dari Langkah Kesuksesan

Indozones - Hidup sebagai insan ciptaan tuhan yang namanya kegagalan pasti dialami setiap orang, entah itu hal kecil maupun hal besar. Mungkin Anda juga salah satu yang pernah menghadapi kenyataan ini bukan.

Ketika Anda sudah akan mencapai sesuatu, tapi malah gagal ketika sudah tinggal satu langkah. Sudah memperjuangkan sebuah impian mati-matian, tapi langkah Anda terhenti tepat ketika impian itu sudah benar-benar tampak di depan mata.

Gagal ketika kita sudah berjalan terlalu jauh memang bukanlah hal yang kita harapkan. Siapa juga yang ingin jatuh ke jurang ketika baru saja kita menemukan jembatan untuk menyeberang?

Pertanyaan terbesar adalah mengapa hidup tak dibuat mudah saja? Mengapa juga kita harus berdarah-darah melewati kegagalan sebelum mencapai puncak yang kita tuju? Meski pahit, ternyata kita memang perlu mengalami kegagalan dalam hidup. Inilah alasannya.

Agar Kita Lebih Menghargai Kehidupan

Jika segala sesuatu mudah untuk dicapai, bisa-bisa kita jadi orang yang sombong. Menyepelekan banyak hal. Merasa jadi orang paling hebat sendiri. Padahal bukan itu esensi kita hidup. Kita perlu menjalani hidup dengan makna.

Hidup ini perlu dihargai dengan sebaik mungkin. Dan dari sebuah kegagalan, kita diberi kesempatan untuk merenung, menata kembali hidup kita, dan menemukan jalan yang lebih baik untuk menjadi orang yang lebih bermanfaat.

Agar Tak Jatuh ke Lubang yang Sama

Kalau tidak pernah gagal, bagaimana kita bisa tahu di mana letak kesalahan kita? Sebuah kegagalan bisa menjadi semacam pertanda atau isyarat bahwa ada sesuatu yang perlu kita perbaiki dengan segera. Semakin cepat kita memperbaiki kesalahan itu, maka semakin kita menemukan titik terangnya.

Mengeluarkan Potensi Terpendam

Dalam keadaan terpuruk dan terjepit, seringkali kita menemukan sesuatu dalam diri kita. Malah kita tak menyangka bahwa ada potensi terpendam dalam diri kita. Kalau tidak dibuat gagal, kita tak akan dipaksa untuk mengeluarkan potensi diri kita yang sesungguhnya. Dengan kata lain, satu kegagalan bisa jadi semacam pemicu yang akan menarik keluar sisi lain dan kelebihan lain yang kita miliki.

Kegagalan memang tidak enak dirasakan. Kita bisa saja dibuat menangis atau kehilangan harapan karena sebuah kegagalan. Tapi gagal itu bukanlah mimpi buruk. Ia hanya bagian dari kerikil-kerikil yang berserak di jalan yang kita tempuh saat ini.

Kita hanya perlu bersabar, menyisihkan kerikil-kerikil tersebut, menaruhnya di tempat yang lebih aman, lalu kita bisa kembali berjalan di jalan yang sudah kita pilih.

Bagi Anda yang saat ini sedang bersedih karena baru saja mengalami kegagalan, semoga Anda diberi lebih banyak kekuatan. Ubahlah emosi negatif menjadi positif dengan kembali mengumpulkan keberanian untuk melangkah ke depan. Seringkali, ketika gagal, pilihan kita hanya ada dua, menyerah atau terus melangkah? Bagaimana dengan Anda?
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Post Comment
Rekomendasi close button
Back to top

0 komentar

Inspiration news is deliberately presented to all people, the news on this website is the article excerpt from the outside website, you can also quote this article by mentioning the source website.

Bagaimana Pendapat Anda?
 
Copyright © 2013 - 2015. Indozones - All Rights Reserved