Mengapa Warna Merah Menjadi Simbol Keberuntungan Bagi Masyarakat Tionghoa?

Mengapa Warna Merah Menjadi Simbol Keberuntungan Bagi Masyarakat Tionghoa?

Indozones - Tahun Perayaan Imlek atau tahun  baru china adalah momen penting bagi seluruh masyarakat Tionghoa, karena identik hari besar maka sanak keluarga berkumpul dan saling melepas rindu satu sama lain di rumah.

Tidak heran jika sudah menjadi kebiasaan masyarakat Tionghoa untuk bersih-bersih rumah sebelum menjelang Hari Raya Imlek. Setelah selesai bersih-bersih, rumah lalu dihiasi dengan berbagai pernak pernik yang didominasi oleh warna merah.

Lantas, mengapa warga Tionghoa selalu memakai warna merah saat Imlek? Pada zaman dahulu kala, ada kisah iblis yang bernama Nian yang artinya tahun. Nian akan menyerang desa-desa pada hari pertama di tahun bulan dan merusak panen, rumah, bahkan menculik penduduk desa.

Agar Nian tidak merusak desa tersebut, maka seorang yang bijak menyarankan penduduk desa untuk membuat gaduh dengan alat musik dan membakar petasan. Selain itu, setiap rumah wajib menggantung kertas merah. Anak-anak juga harus berpakaian serba merah.

Bagi masyarakat Tionghoa, solusi untuk memecahkan masalah tersebut berhasil dan Nian sangat takut dengan suara gaduh serta warna merah. Sejak saat itulah, Nian tidak pernah datang mengacau lagi. Dan sejak saat itu pula, hari pertama untuk tahun bulan China diperingati sebagai Hari Raya Imlek.

Seiring berjalanya waktu, warna merah dianggap sebagai simbol hoki atau keberuntungan dan kebahagiaan.

Simbol keberuntungan tersebut terlihat dengan pemberian angpao pada anak-anak. Pemberian angpao diharapkan agar anak-anak bisa cepat dewasa dan mendapat keberuntungan yang melimpah.

Jadi itulah alasannya mengapa warga Tionghoa menggunakan warna merah sebagai warna ciri khas mereka saat perayaan Imlek.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Post Comment
Rekomendasi close button
Back to top

0 komentar

Inspiration news is deliberately presented to all people, the news on this website is the article excerpt from the outside website, you can also quote this article by mentioning the source website.

Bagaimana Pendapat Anda?
 
Copyright © 2013 - 2015. Indozones - All Rights Reserved