Pertanyaan Sekaligus Menjadi Jalan Keluar Bagi Diri Kita Sendiri

Pertanyaan Sekaligus Menjadi Jalan Keluar Bagi Diri Kita Sendiri

Indozones - Percaya tidak, hidup ini penuh dengan cobaan? Tidak ada satu pun insan yang hidup di dunia ini tidak pernah mengalami kegagalan. Setiap orang pastilah punya masalahnya tersendiri. Semua orang memiliki situasi sulitnya sendiri. Dan terkadang sebuah masalah atau hal yang hadir dalam hidup ini membuat kita selalu berprasangka negatif.

Sebagai manusia, prasangka dan pikiran negatif kerap datang. Apalagi jika kita berada dalam kondisi terjepit. Kalau sudah dalam kondisi seperti itu, pikiran kita jadi sering kalut dan akhirnya hanya bisa mengeluh. Tapi kalau selalu berprasangka negatif, bagaimana cara kita menghadirkan rasa bahagia dalam hidup? Apa benar kita hanya menghabiskan hari-hari ini dengan keluhan dan penuh kesia-siaan?

Seperti di sekolah, untuk naik kelas kita perlu ujian. Untuk bisa menapaki jenjang sekolah dan karier yang diinginkan, kita pun perlu melewati serangkaian Ujian. Ujian itu pun tak bisa dibilang mudah. Pasti ada kesulitan dan tantangannya tersendiri. Pada dasarnya semua hal itu akan kembali kepada diri kita sendiri.

Ada satu pertanyaan yang bisa membantu Anda untuk berpikir lebih jernih ketika prasangka negatif mulai merambat memasuki pikiran Anda.

Pertanyaan itu adalah Bagaimana caraku mengubah tragedi ini menjadi sebuah pintu kesuksesan yang baru?

Ya, pertanyaannya adalah bagaimana dan bukan apa atau mengapa. Daripada semakin menenggelamkan pikiran pada, "Apa hal-hal buruk ini memang sudah jadi takdirku selamanya?" atau, "Mengapa hal buruk ini terjadi padaku sementara orang lain di luar sana bisa tetap bahagia?” lebih baik mulai mencari solusinya dengan bertanya, "Bagaimana caraku mengubah hal buruk ini?"

Setiap kali ada perasaan yang kurang enak atau merasa sedih karena sesuatu tak berjalan sesuai harapan, Anda bisa melakukan refleksi diri dengan bertanya bagaimana. Kenapa harus dengan kata tanya bagaimana? Alasannya adalah agar otak ini bisa teralihkan dan fokus pada hal yang lebih penting dan darurat.

Kita memiliki otak, pikiran, dan akal, jadi kalau pun ada hal-hal negatif yang terjadi, yakinkan diri bahwa semuanya akan bisa terlewati dengan baik. Semua kembali pada diri sendiri. Mau berusaha mengubah sesuatu secepatnya atau membiarkan diri terpuruk dalam perasaan negatif dan tak berguna. Bagaimana yang harus Anda pilih?
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Post Comment
Rekomendasi close button
Back to top

1 komentar:

avatar

menjalani hidup dengan perjuangan dan doa...karena suatu yang dijani adalah sebuah pelajaran semata...jika ada keberhasilan didalamnya itulah buah manis dari pelajaran itu gan....keep spirts and do the best #jangangalau

Inspiration news is deliberately presented to all people, the news on this website is the article excerpt from the outside website, you can also quote this article by mentioning the source website.

Bagaimana Pendapat Anda?
 
Copyright © 2013 - 2015. Indozones - All Rights Reserved